tanda tanda kiamat kubro

tanda tanda kiamat kubro tau kah kamu ,,, dari sebagian tanda tanda kiamat kubro (hancurnya alam semesta ini)Tanda Hari Kiamat Besar, yang disebut Khuruj Ad Daabbah (Keluarnya Binatang Melata). “Daabbah” artinya segala sesuatu yang merangkak di atas bumi.  Tetapi untuk perkara ini, tidak akan dijelaskan apa arti Daabbah itu, karena para ‘Ulama Ahlus Sunnah-pun berbeda pendapat.
Tanda-Tanda Besar Kiamat, antara lain: Turunnya Imam Mahdi,  Munculnya Dajjal, Turunnya ‘Isa Ibnu Maryam عليه السلام, Munculnya Ya’juj wa Ma’juj, Terbitnya matahari dari sebelah Barat; maka yang kita bahas kali ini adalah Ad Daabbah. Perkara turunnya Ad Daabbah ini tidak bisa dibantah dengan akal, tetapi kita harus meyakininya dengan Iman, apakah perkara ini masuk akal ataukah tidak. Karena Allah سبحانه وتعالى telah berfirman tentangnya dalam Al Qur’an, misalnya pada Surat An Naml dan beberapa Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Dalil mengapa kita harus beriman kepada munculnya Ad Daabbah, yang menyebabkan kita tidak boleh ragu dan harus yakin.
Apakah Ad Daabbah itu.

Apa yang disampaikan diatas adalah disarikan dari Kitab Asyrootussaa’ah yang ditulis oleh Syaikh Yuusuf bin ‘Abdillaah bin Yuusuf Al Waabil.

Beriman kepada Ad Daabbah merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dari keimanan kita sebagai umat Muhammad صلى الله عليه وسلم. Sebagaimana kita meyakini adanya surga dan neraka, sebagaimana kita tahu adanya Mu’min dan adanya Kaafir, dan selanjutnya masih banyak perkara-perkara yang harus kita imani, diantaranya kita harus mengimani tentang adanya peristiwa yang akan terjadi di Akhir Zaman, yaitu keluarnya Ad Daabbah. Dalam Al Qur’an Surat An Naml ayat 82 Allah سبحانه وتعالى berfirman :

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِّنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi  yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Maksudnya, jika telah tiba apa yang menjadi pernyataan (apa yang telah Allah سبحانه وتعالى takdirkan) terhadap jadwalnya, ketentuannya bahwa binatang (Ad Daabbah) itu harus keluar ke muka bumi, maka akan keluar lah Ad Daabbah tersebut tepat sesuai dengan kehendak Allah سبحانه وتعالى, terhadap mereka (manusia yang Mu’min dan manusia yang Kaafir).

Kita sudah bahas dalam kajian-kajian kita yang lalu, bahwa di akhir zaman nanti sudah tidak ada orang mu’min. Tetapi  pada masa keluarnya Ad Daabbah masih ada orang Mu’min-nya. “Ad Daabbah” dalam ayat tersebut maknanya bukan satu, melainkan sekelompok. Artinya, bisa berjumlah sangat banyak.

Lalu dijelaskan oleh Allah سبحانه وتعالى bahwa Ad Daabbah itu keluar dari tanah, bukan dari rumah, kendaraan atau gedung.

Apa yang dilakukan oleh Ad Daabbah?

Disebutkan dalam ayat tersebut: Tukallimuhum (تُكَلِّمُهُمْ) (berkalam, berbicara). Ad Daabbah akan berbicara kepada mereka (manusia), bahwasanya manusia itu terhadap ayat-ayat Allah سبحانه وتعالى tidak yakin (tidak beriman). Itu diucapkan oleh Ad Daabbah untuk memberi tahu kepada manusia bahwa penyebab kemunculannya adalah merupakan tanda bahwa akhir zaman sudah tiba dan manusia sudah semakin rusak, karena mereka tidak yakin terhadap apa-apa yang datang dari Allah سبحانه وتعالى dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Jadi, kemunculan Ad Daabbah merupakan pemberitahuan terhadap tanda telah dekatnya hari Kiamat.

Menurut Ulama Ahlus Sunnah Imaam Ibnu Katsiir رحمه الله, beliau menukil apa yang diriwayatkan pendahulunya yaitu Shahabat Abdullaah bin ‘Abbas رضي الله عنه, kata beliau bahwa kalimat “Tukalimuhum” dalam ayat tersebut (Surat An Naml ayat 82) maknanya adalah: “Melukai mereka”. Binatang itu akan “menulis” pada setiap dahi manusia. Dahi orang Kaafir ditulis “Kaafir”. Pada dahi orang Mu’min ditulis “Mu’min”.

(“Melukai” atau “menulis”  pada dahi setiap manusia itu adalah sebagaimana orang yang men-Tattoo tubuhnya. Karena sebetulnya men-tattoo tubuh itu hakekatnya adalah melukai dengan bentuk tulisan atau gambar. Dalam bahasa Arab disebut Al Wasmu (الوشم).  Dan itu sudah dikenal sejak dahulu kala. Orang yang melakukannya adalah terkutuk.

Dalam Hadits Riwayat Al Imaam Al Bukhaary no: 5931 dan Riwayat Al Imaam Muslim no: 2125, dari Shahabat ‘Abdullaah bin Mas’uud رضي الله عنه, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

لعن الله الواشمات والمستوشمات …

“Terkutuklah orang yang men-tattoo dan yang minta di tattoo”.

Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda: “Hari Kiamat tidak akan terjadi, sehingga kalian melihat sebelumnya muncul sepuluh tanda-tandanya:

Terjadi tiga gerhana : (Gerhana) terjadi di belahan Timur,
(Gerhana) di belahan Barat dan
(Gerhana) di Jazirah Arab,
Ad Dukhaan (asap),
Dajjal,
Dabbah (hewan melata diatas muka bumi),
Ya’juj wa Ma’juj,
Terbit matahari dari barat,
Api keluar dari negeri Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka dikumpulkan oleh Allah سبحانه وتعالى
Turunnya ‘Isa putra  Maryam عليه السلام

dan masih banyal lagi keterangan yang menjeaskan tetntang tanda tanda kiamat kubro namun cuma itu yang dapat saya share kali ini ….
semoga bermanfaat …

Leave a comment